Cara Mengukur Talang dan Downspouts (Pipa Tegak)

Cara Mengukur Talang dan Downspouts (Pipa Tegak)

Gunakan panduan praktis dari Roynal’s House ini untuk memastikan koleksi hujan anda memenuhi tugas bahkan selama badai terberat sekalipun.

Talang air bergaya K lima inci atau setengah lingkaran 6 inci, ukuran hunian yang paling umum, mampu menangani curah hujan di sebagian besar rumah di sebagian besar negara. Tetapi rumah dengan atap besar dan curam atau yang terletak di iklim yang rentan terhadap hujan deras mungkin memerlukan talang air yang lebih lebar dan saluran pembuangan tambahan untuk mencegah air hujan meluap.

Berapa Ukuran Talang yang Saya Butuhkan?

Untuk mengetahui ukuran talang yang anda butuhkan, pertama anda perlu menghitung luas persegi area drainase talang. Untuk atap pelana sederhana, anda hanya perlu membuat dua perhitungan, satu untuk setiap kemiringan. Atap pinggul dan atap berpotongan memiliki beberapa aspek, dan untuk itu anda harus menjumlahkan luas (panjang x lebar) setiap permukaan dalam area drainase untuk mendapatkan total luas persegi.

Bagaimana Saya Menghitung Ukuran Talang?

Menyesuaikan untuk Pitch dan Curah Hujan. Setelah mengetahui total luas persegi drainase untuk setiap selokan, Anda harus menyesuaikan 2 faktor berikut :

Faktor Pitch Atap

Semakin curam kemiringan atap, semakin banyak hujan yang dapat ditiup angin. Anda dapat mengukur tinggi nada dengan ketinggian 2 kaki dan pita pengukur, Pegang salah satu ujung level pada atap, ratakan, lalu ukur jarak antara atap dan bagian bawah level pada titik tengahnya, yang memberi anda lari 12 inci. Celah 5 inci, misalnya, adalah nada 5-in-12. Setelah anda mengetahui pitch, anda dapat menemukan faktor pitch-atap anda pada tabel di bawah ini.

Pitch atap / Faktor pitch atap
  • 12 dalam 12 atau lebih tinggi 1.3
  • 9 dalam 12 hingga 11 dalam 12 1.2
  • 6 dalam 12 hingga 8 dalam 12 1.1
  • 4 dalam 12 hingga 5 dalam 12 1,05
  • Rata hingga 3 dalam 12 1
Mengukur Talang

Kalikan area drainase dengan faktor kemiringan atap dan intensitas curah hujan untuk mengetahui luas persegi yang disesuaikan. Kemudian gunakan informasi di bawah ini untuk melihat ukuran talang yang di butuhkan. (Jika berbagai area drainase atap membutuhkan talang dengan ukuran berbeda, pilih yang terbesar.)

K-Gaya
  • 5 inci 5.520 kaki persegi
  • 6 inci 7.960 kaki persegi
Setengah Ronde
  • 5 inci 2.500 kaki persegi
  • 6 inci 3.840 kaki persegi

Sebagai contoh, Sebuah rumah memiliki atap yang luas drainase sebenarnya adalah 1.000 kaki persegi. Faktor pitch 6-in-12 (1.1) dikalikan dengan 1.000 menghasilkan area efektif 1.100 kaki persegi. Mengalikan angka itu dengan intensitas curah hujan maksimum lokal (6,8 inci per jam) menghasilkan rekaman persegi yang disesuaikan 7.480 kaki persegi. Oleh karena itu, atap ini harus dilengkapi dengan talang ala K berukuran 6 inci.

 

Bagaimana jika limpasan keluar dari grafik untuk talang standar?

Dapatkan talang berukuran 7 atau 8 inci. Itu akan lebih mahal dan mungkin memerlukan pesanan khusus melalui penginstal profesional.

Tingkatkan nada talang. Standarnya sekitar inci per 10 kaki. Meningkatkan pitch, meningkatkan kapasitas penanganan talang, tetapi talang mungkin terlihat miring dalam jangka panjang.

Tambahkan pipa lengkung. Rekomendasi di atas mengasumsikan bahwa anda memiliki pipa lengkung dengan ukuran yang tepat setiap 40 kaki. Seperti talang, kapasitas pipa lengkung harus sesuai atau melebihi limpasan yang diharapkan. Gunakan bagan di bawah ini untuk mengetahui berapa banyak pipa lengkung tambahan yang dibutuhkan. Menambahkan pipa lengkung persegi 2 kali 3, misalnya, meningkatkan kapasitas talang dengan 600 kaki persegi area drainase.

persegi panjang
  • 2 kali 3 inci = 600 kaki persegi
  • 3 kali 4 inci = 1.200 kaki persegi
Bulat
  • 3 inci = 706 kaki persegi
  • 4 inci = 1.255 kaki persegi

Tinggalkan Balasan