Menghitung puncak dan curah hujan

Menghitung puncak dan curah hujan adalah artikel ke-3 dari metode bagaimana mengukur talang? Artikel yang penting untuk Anda simak sebelum memutuskan untuk memasang talang atap bangunan rumah Anda agar efektif dan efisien.

Bagaimana mengukur talang itu memiliki 3 (tiga) langkah:

Temukan pitch (titik puncak) atap menggunakan ketinggian 2 kaki (61 cm)

titik-puncah-atap-atau-pitch
Gambar: Titik puncak atap atau pitch

Pitch (titik puncak) adalah kemiringan atau sudut atap. Untuk menemukan pitch, posisikan 1 ujung level terhadap atap dan ratakan. Ukur jarak antara titik tengah bagian bawah lantai dan atap untuk menemukan tinggi pitch lari 12 inci (30 cm). Ukuran celah menunjukkan pitch.

Misalnya, celah 2 inci (5,1 cm) berarti atap memiliki tinggi 2-dalam-12 dan celah (gap) 6 inci (15 cm) berarti atap memiliki tinggi 6-dalam-12.

Gunakan pitch untuk menentukan faktor pitch

menghitung-puncak-dan-curah-hujan-02
Gambar: Faktorial pitch

Faktor kemiringan atap memberi tahu Anda ketinggian vertikal atap Anda selama rentang 12 inci (30 cm). Anda memerlukan faktor kemiringan untuk mencari luas persegi yang disesuaikan dari atap.

  • Pitch 0- hingga 3-in-12 sesuai dengan faktor pitch 1
  • Pitch 4- hingga 5-in-12 memiliki faktor pitch 1,05
  • sedangkan pitch 6- hingga 8-dalam-12 memiliki faktor pitch dari 1,1
  • Sebuah pitch 9 hingga 11-in 12 sebagai faktor pitch 1,2
  • dan pitch 12-dalam-12 atau lebih tinggi memiliki faktor pitch 1,3

Cari tahu intensitas curah hujan di wilayah Anda

bmkg-tren-curah-hujan-di-indonesia
Sumber: BMKG – Tren Curah Hujan

Intensitas curah hujan menunjukkan jumlah curah hujan maksimum untuk periode 5 menit per wilayah. Untuk tren curah hujan di Indonesia, dapat mengunjungi situs BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika).

Kalikan luas persegi dengan faktor kemiringan atap dan intensitas

menghitung-puncak-dan-curah-hujan-04
Gambar: Kalikan luas atap, faktor kemiringan, dan intensitas hujan

Menghitung luas drainase atap akan memberi Anda ukuran luas. Mengalikan faktor kemiringan atap, intensitas curah hujan, dan luas persegi atap akan memberi Anda luas persegi yang disesuaikan, yang dapat digunakan untuk menentukan ukuran talang yang Anda perlukan.

Misalnya, jika luas persegi adalah 1.000 kaki (300 m), faktor kemiringan atap adalah 1,2, dan intensitasnya adalah 5,7, kalikan 1.000 x 1,2 x 5,7 menjadi 6.270.

Pilih ukuran yang sesuai

menghitung-puncak-dan-curah-hujan-05
Gambar: Pilihlah kebutuhan talang yang sesuai

Talang datang dengan gaya “K-style” dan “half-round”. Jika luas persegi yang disesuaikan sama dengan atau kurang dari 2.500 kaki (760 m), pilih talang setengah lingkaran 5 inci (13 cm). Untuk luas luas hingga 3.840 kaki (1.170 m), gunakan talang setengah bulat 6 inci (15 cm). Jika luas persegi yang disesuaikan sama dengan atau kurang dari 5.520 kaki (1.680 m), pilih talang gaya-K 5 inci (13 cm). Untuk ukuran luas hingga 7,960 kaki (2,430 m), gunakan talang tipe-K 6 inci (15 cm).

Tambahkan downspouts (pembuangan) ekstra untuk menambah area drainase

menghitung-puncak-dan-curah-hujan-06
Gambar: Downspouts (baik corong maupun pipa) atau pembuangan
  • Sebuah downspout persegi 2 inci (5,1 cm) kali 3 inci (7,6 cm) dapat menambah luas drainase 600 kaki persegi (55,7 meter persegi),
  • Sementara cerat (corong) bulat 3 inci (7,6 cm) menambahkan 706 kaki persegi (65,6 meter persegi).

Anda dapat menambahkan downspouts (buangan) ekstra untuk menambah area drainase jika perlu.

Jika Anda tidak ingin menambahkan downspout extra dan luas atapnya lebih dari 7.960 kaki (2.430 m), Anda harus memesan talang khusus berukuran 7 atau 8 inci (18 atau 20 cm).


Roynal Rainline adalah produk talang air hujan terbuat dari metal baja galvanis, yang diFinishing menggunakan cat powder coating, dengan berbagai pilihan warna yang ditawarkan. Kuat, tahan lama, awet, tidak mudah kropos, tidak mudah melengkung, dan sesuai dengan tema dari design baik itu interior maupun exterior bangunan Anda.

Roynal Rainline dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, membuat ia cocok diaplikasikan pada ruang lingkup pemukiman, gedung komersial, sentra bisnis, perkantoran, fasilitas umum, maupun gedung instansi pemerintah.

Roynal Rainline adalah produk dari Roynal’s House; sebuah timWork yang memiliki workShop di bilangan Pondok Gede – Jakarta, didukung oleh sumberdaya teknisi ahli, handal, berpengalaman, dan profesional di bidangnya; kami memberikan layanan penjualan mulai dari talang datar utama itu sendiri, serta berbagai aksesoris pendukung lainnya. Dengan berbekal pengalaman lebih dari 10 (sepuluh) tahun, kami yakin kami mampu untuk memberikan yang terbaik bagi dunia properti Indonesia.

Roynal Rainline siap menyediakan layanan (mulai dari) penjualan set talang metal galvanis itu sendiri, hingga penyediaan lengkap aksesorisnya, jasa layanan konsultasi, jasa pemasangan, jasa bongkar-pasang untuk talang existing, jasa pengiriman, dan layanan pelanggan untuk berbagai informasi terkait produk talang metal galvanis.

Roynal Rainline juga berani bertanggung jawab untuk memberikan jaminan garansi produk 5 (lima) tahun ke depan anti kropos, demi kepuasan pelanggan. Ayo tunggu apalagi?! Serahkan solusi talang air hujan bangunan Anda pada kami! Roynal Rainline, inovasi talang air berkualitas!

Untuk informasi terkait produk, konsultasi, layanan, pengaduan dapat menghubungi kami melalui kontak berikut di bawah ini:

Website:

Social Media:

Email:

Telepon:

Domisili:🏠 Jl. Setiawarga 1 No. 89, RT 006 RW 002, Jatiranggon, Jatisampurna, Bekasi Kota, 17432

Tinggalkan Balasan